Wednesday, January 2, 2013

Cara Membuat Ringtone iPhone Dengan Lagu Yang Kita Mau


Pada artikel ini saya akan mencoba untuk memaparkan bagaimana cara membuat ringtone dari koleksi lagu lagu yang kita punya. Sebenarnya kalo kita mau kita tidak perlu susah susah untuk membuat ringtone, kita Cuma butuh koneksi internet dan credit card. Atau jelasnya, membeli ringtone di iTunes Store. Namun kayaknya ini merupakan masalahnya orang indonesia, gak semua orang punya credit card, and ga semua mau beli. Kebanyakan suka GRATISAN.heheheh. Tapi ternyata banyak jalan menuju roma. Ini salah satu cara membuat ringtone yang hanya membutuhkan iTunes saja. Format file yang bisa kita jadikan ringtone adalah format file mp3 dan AAC dari hasil rip dari CD audio atau dari CD mp3.Baiklah kita mulai membuat.
Langkah pertama adalah pilih salah satu lagu dari koleksi kita yang ingin kita jadikan ringtone dan tentukan waktu mainnya di bagian mana yang ingin kita jadikan ringtone dengan menentukan timing mulai dan berakhirnya ringtone. Kita bisa sih tidak menset timing nya. Tapi, kurang bagus saja. Emang satu lagu bisa full maennya kalo ada tlp?nggak kn..yang pentingnya z kali. Caranya adalah dengan cara klik kanan lagu pilihan kita dan Get Info.


Setelah kita tentukan timingnya, klik OK.
langkah selanjutnya adalah meng convert lagu ini menjadi AAC file dengan cara klik menu Advanced dan pilih Create AAC version pada file yang sudah kita tentukan timingnya tadi.

Setelah diconvert menjadi file AAC maka akan muncul di koleksi lagu kita di itunes. Yang timingnya sudah ditentukan tadi. Namun file aslinya tetap masih ada. Yang versi full nya.

Setelah kita mendapatkan file AAC tersebut, copy file tersebut ke lokasi di komputer kita, sebagai contoh saya copy file tersebut ke desktop untuk memudahkan. Tinggal Drag Drop saja.

Setelah file kita pindahkan, rename extensionnya menjadi .m4r dengan mengklik kanan file yang ada di desktop tadi, rename dan kita akan diberi pertanyaan untuk memastikan perubahan extension ini. Klik OK.

Selanjutnya, Untuk mengubah file extension pastikan kita memunculkan extension file yang disembunyikan Windows secara default. Untuk mengaktifkan ini, di windows explorer klik menu organize dan klik Folder and search Options lalu uncheck pilihan Hide Extensions…


Setelah proses rename selesai, selanjutnya delete fle AAC yang ada di itunes tadi.

Kalau file AAC yang ada di itunes tadi sudah di hapus, selanjutnya kita masukin file m4r yang kita buat tadi ke panel ringtones di itunes.

Apabila ringtone yang baru saja kita buat sudah masuk ke panel ringtones di itunes sekarang tinggal kita colok iphone ke komputer dan biasanya pas konek langsung sync, selesai deh.ringtones langsung masuk dengan sendirinya.




1 comment:

  1. Bro, coba kalo Font-nya diganti yg lebih jelas. Jadi mata nggak males bacanya. Just suggest.

    ReplyDelete